MENGATASI HONDA SUPRA X 125 TIDAK KUAT MENANJAK

Berawal dari mobolitas kerja yang agak susah akibat jalan di Jogja yang semakin macet dan semrawut, sepeda  motor menjadi andalan. Mengingat sepeda motor yang biasa saya pakai sudah lumayan tua maka tahun 2009 saya membeli motor baru. Honda menjadi merek andalan saya sejak tahun 1994, kalo dihitung sejak itu sampai 2009 telah 7 kali kami serumah membeli motor baru dan semuanya Honda, kini 3 motor masih mendukung mobilitas kami dan masih Honda menjadi andalan.

Pilihan saya jatuh pada Honda Supra X 125 R (HSX), warna hitam strip merah, peleg racing. Hari pertama mengendarai sepulang dari dealer Honda Supra X 125 memang mantap, tarikan enteng, akselerasi lumayan dan stabil, khas Honda. Namun saya menjadi bertanya2 ketika Honda Supra X 125 ini saya pake untuk lewat jembatan layang di Jogja. Di jogja ada 2 jembatan layang, Janti dan Lempuyangan. Berat dan tenaga seakan habis di tengan tanjakan. Servis 500 KM pertama pun kami lalui dan keluhan disampaikan ke bengkel resmi, jawabnya biasa motor baru belum stabil dan ditambah katanya ban depan kurang angin. Kurang angin alias gembos itu jawaban yang sampai sekarang bikin saya dongkol. 20 th mengendarai sepeda motor dianggap saya tidak bisa membedakan tarikan berat karena mesin atau karena gembos, sialan tuh mekanik.

Setelah KM melewati 1500 KM, Kawasan pegunungan Merapi di Kaliurang menjadi percobaan kekuatan motor. Ternyata saya kecele alias kecewa, saya pikir ini motor tangguh ternyata memble, masuk kawasan pakem Honda Grand maupun Supra lama masuk Gigi 4 dan dengan kecepatan 80 KM/jam masih ok, nah ini motor baru cuma bisa masuk Gigi 3 dan kecepatan mak 6o KM/jam, makin ke utara makin kasihan nih Honda Supra X 125 cuma bisa di gigi 2 dan kecepatan 30 KM/jam, makin parah 1 km menjelang TPR Kaliurang hanya mampu masuk gigi 1. Saya masih berpikir karena ini motor baru jadi belum pas mesinnya.

Sampai di kawasan Kaliurang untuk putar2 kawasan itu hanya mampu maksimal gigi 2 untuk jalan menikmati pemandangan.

Setelah KM 2000 masuk ke bengkel resmi lagi dan disampaikan lagi keluhanya dan jawabnya untuk Honda Supra X 125 akan stabil di KM 3000 km, hahahahaha memang demikian ya motor produksi baru.

Setelah 3000 km kawasan hutan Mangunan di Imogiri Bantul menjadi lajang ujicoba, mau tahu hasilnya saudara-saudara….. istri saya terpaksa saya minta turun karena motor masuk gigi 1 dan suaranya mengerikan dan benar-benar tidak bisa diajak kompromi, dan ironisnya di lokasi tersebut saya di salip oleh motor Honda yang sudah tua dan lebih ironis lagi didahului oleh motor merk lain produksi lama. Saya masih berpikir mesin motor saya belum stabil dan ini kelainan saja.

Cerita-cerita dengan temen sekantor ternyata ada yang mengalami hal sama bahkan sampai mogok dan setelah dingin mesin baru bisa nyala lagi.  Akhirnya KM mencapai 4000 dan masuk ke bengkel resmi lagi dan saat itu saya sampaikan betul keluhan tidak kuat nanjak pada Honda Supra X 125 ini, dari mekanik yang menerima dengan ramah keluhan saya, dia menyampaikan dengan tertawa bahwa banyak sekali keluhan pada Honda Supra x 125 ini dan keluhannya sama tidak kuat nanjak. Dia menerangkan ini akibat dari persaingan motor cepat lain merk yang memang lagi booming dengan iklannya yang gencar di TV.  Sang mekanik menerangkan kalau kecepatan dan akselerasi di jalan datar diutamakan maka Roda Gigi belakang akan dikecilkan maka akselerasi akan mampu bersaing dengan motor merk lain tetapi akibatnya kalo untuk menanjak akan kewalahan, dan ini memang terbukti pada Honda Supra X 125  ini.

Kemudian saya tanya bagaimana mengatasinya agar kuat menanjak, dia menyampaikan roda gigi belakang sebaiknya diganti yang lebih besar standar Honda GL. Saat itu juga Honda Supra X 125 saya minta diganti seperti saran dia, tetapi ternyata suku cadangnya habis karena telah banyak Honda Supra X 125 yang minta diganti roda gigi belakangnya.

Hanya karena persaingan akselerasi akhirnya moto Honda yang raja tanjakan menjadi berubah, Semakin Pasrah.

207 thoughts on “MENGATASI HONDA SUPRA X 125 TIDAK KUAT MENANJAK

  1. Wah, motor saya Honda Supra X 125D, terasa agak susah juga pas menanjak. Sebenarnya nggak susah, hanya harus pakai gigi 1. Kalo udah gigi 1 semua beres. 😀

  2. Masuk Gigi satu memang beres mas, tapi rasa gak enaknya itu ketika disalip motor yang 15 tahun lebih tua atau disalip motor lain merek. Rasanya gimana gitu………..

  3. bener tuh pak,
    saya pake revo juga sama kendalanya begitu, malu dah klo mesti lewat tanjakan, mending saya dorong pura2 mogok drpada denger suara mesin yg kya ‘ngeden’ , tp capek juga dorong..haha

    • coba diganti gigi belakangnya, punya saya sudah saya ganti. Nanjak ok, akselerasi ok, cuma kayaknya tidak bisa kenceng, mesin jadi agak aneh atau perasaan saya saja ya.

  4. Saya pikir tidak cuma di Jogja saja yang punya pengalaman Honda Supra X125 yang tidak bisa menanjak, saya di Bogorpun (Jabar) punya pengalaman yang sama, kata orang bengkel (bukan bengkel resmi tapi tahu mesin) dia bilang plat koplingnya sudah tipis, saya pikir maklum Honda Supra X 125 th. 2009, tetapi dengan pengalaman di Jogja saya jadi tanda tanya apa iya plat koplingnya.? masalahnya sampai sekarang belum saya ganti plat koplingnya.

    • Saya baru ingat, dulu ketika saya komplain, montir salah satunya juga menyebut kampas kopling. aneh motor belum 1000km kampas koplingnya dah aus, pikir saya, tetapi krn saya awam soal mesin ya manggut-manggut saja.

  5. Saya juga baru beli Honda Supra X 125R CW, Ketika 0-500km pertama, rasa mesin masih ringan, saya pakai dengan normal… tapi pada masa itu gas terasa kurang pas, agak sperti menyendal-nyendal, saya berpikir itu karena setingan baru n karbu juga lom di bersihkan. Stelah servis 500km pertama, gas tetap terasa tidak enak dan ada gejala agak aneh, entah perasaan aja tau tidak, tapi sbelum 500km pertama motor saya di gigi3 jalan 70km sangat ringan, mesin halus tapi akhir2 ini rasanya kok mesin agak kasar… mau pake gigi 4 di speed 80km gak ngangkat powernya… saya pikir karena mesin masih dalam tahap penyesuaian, sampe 1000km gejala masih sama, mesin di gigi 3 kok kasar mpe sekarang yang udah km 1600km… Rencana saya mau komplain di km 2000 sekalian service… Malahan masih enakan motor suprafit saya th 2004… smpe th 2011 blom turun mesin, n ganti oli mesin aja mesin halus, cuma max speed ga bisa mpe 100kmpj… 80kmpj dah ngeden, kasihan mesinnnya…

      • Bener gan, ane juga waktu awal2 motor suara mesin alus trus tarikan enteng, pas pertama kali ke bengkel resmi suara motor jadi berisik sama tarikan jadi berat

      • servis resmi honda memang sangat mengecewakan.. saya pengguna supra x 125 fi merasakan juga saat 500 km servis gratis trus tenaga langsung drop. dah saya lanjutin aja sambil mikir “ga mungkin settingan honda asli bikin tenaga drop”. sampai suatu saat saya sudah muak karena nanjak ngeden, saya cari tau kenalan yang bekerja di honda,
        trus oleh temen saya, injeksi nya disetting oleh dia dan hasilnya muanteb bener. nanjaknya kenceng… sampai sekarang saya tidak mau lagi servis di bengkel resmi.. ngabis”in duit aja

  6. Saya juga baru beli Honda Supra X 125R CW 22 agustus 2011, Ketika 0-500km pertama, rasa mesin masih ringan, saya pakai dengan normal… tapi pada masa itu gas terasa kurang pas, agak sperti menyendal-nyendal, saya berpikir itu karena setingan baru n karbu juga lom di bersihkan. Stelah servis 500km pertama, gas tetap terasa tidak enak dan ada gejala agak aneh, entah perasaan aja tau tidak, tapi sbelum 500km pertama motor saya di gigi3 jalan 70km sangat ringan, mesin halus tapi akhir2 ini rasanya kok mesin agak kasar… mau pake gigi 4 di speed 80km gak ngangkat powernya… saya pikir karena mesin masih dalam tahap penyesuaian, sampe 1000km gejala masih sama, mesin di gigi 3 kok kasar mpe sekarang yang udah km 1600km… Rencana saya mau komplain di km 2000 sekalian service… Malahan masih enakan motor suprafit saya th 2004… smpe th 2011 blom turun mesin, n ganti oli mesin aja mesin halus, cuma max speed ga bisa mpe 100kmpj… 80kmpj dah ngeden, kasihan mesinnnya…

    • Saya belum lama ini servis supra x 125 saya punya di bengkel resmi, saat bayar di kasir saya mencoba nanya banyak tidak yang komplain supra x 125 mesinnya kasar dan gak kuat nanjak, di jawab sama dia, tidak ada yang komplain, mungkin hanya bapak saja yang sering naik gunung dengan supra x 125 ini, yang lain baik-baik saja. Kasir memanggil montir yang ngerjain motor saya, dia malah bilang, kenapa tadi tidak dikeluhkan di awal, mungkin kampas koplingnya dah aus, pikir saya, apa tuh montir kagak bisa lihat dan merasakan ketika dia kutak2 katik motor saya, terus alat yang digital untuk ngukur2 itu apa gunanya. Memang makin kasihan nih merk kesayangan.

  7. suatu ketika saya sempat shering dengan teman saya (mekanik), kendala tanjakan ini memang dialami motor honda khusunya seri 125 Cc, dikarena rantai dan girnya lebih kecil (coba perhatikan ukuran supra-fit) maka ukuran rantai dan girnya akan kalah besar. tapi kendala yang terjadi ketika gir dan rantai di pasang dengan ukuran motor supra-fit untuk tanjakan memenag cukup teratasi namun untuk akselerasi memeang tidak sehalus dengan gir dan rantai standart.

  8. coba aja gir belakang, diganti yang lebih besar ( saya pake yg punya BLADE ) lumayan di tanjakan gak terlalu ngos-ngosan….

  9. benar semua kata saudara2, saya juga punya motor supra 125 R th 2011 masalah jg sama. Nggak kuat di tanjakan. Masakan lebih kuat motor honda win gue th *2005. Kecewa bgt gue beli supra ni

  10. Supra x helm in, di tanjakan dago pakar tidak naik, sampai yang di bonceng turun dan motor didorong, he, he, mirip motor tua (apes beli supra x helm in)

    • Motor ogut si supra helm in Ganti gear set aja merk yimm, gear kcil 14 gear blkg gde 37.. hahaha.. boncengan enak,tanjakan ok,track datar lari masih ada..

  11. Sy pnya honda supra x 125D thn 2008, keluhanny sm sprti kalian, tdk kuat menanjak. Sy dpt solusi dr mekanik terpercya di medan, showroom benteng honda motor. Ketika sy service supra sy, sy blg keluhanny, kta mekanikny itu semua ada bnyk fktor,
    yg prtma bs jd krena stelan klep in dn klep out tdk pas, jdi hrus d stel ulang (sy lpa pulak ukurn klep msk brapa, klep kluar brapa).
    yg kedua mslah rantai dn gir yg terlalu kcil di tmbh lagi torsi supra x 125 ini yg hny 4000rpm yg membuat tarikan awalny berat, saran dy, ganti rantai yg lbh bsr (ukuran standar 420) gnti yg ukurn 428, llu gnti gir dpan ukuran 14 yg utk rantai 428. gnti gir blakg ukran 37 atau 38 yg utk rantai 428.
    Yg ketiga bs jdi krena kmpas kopling yg sudah haus, solusiny gnti yg bru.
    Yg keempat, bs jd krena mesin overheat (kepanasan) yg mnyebabkn performa dn akselerasi mnurun ktika dlm prjalanan menanjak yg trlalu lma dn panjang, solusi coba gnti oli yg lbh kental (20w – 50)

    Sy uda nerapin ini ke supra x sy, dn hsilny sngat enteng dlm menanjak dn mengejar akselerasi

    Smoga bs membantu buat pengguna supra x 125 yg mngalami gk kuat menanjak

    • kalo menurut sya justru torsi Hsx 125 tu enteng loh, cz didapat pada 4000rpm, beda ama SR125 gw didapat pada 6000rpm, hasilnya tenaga motor gw lbih lelet.

      tpi mnurut gw emng rata2 motor bebek 125 cc mesin datar emng lelet nanjaknya bro, cz gw jga pemakai 125 tpi SR125 Suzuki. kalo ditanjakan Subang arah tangkuban prahu ntu motor pake gigi 2, kadang ampe 1.

      bndingin dngan yg punya kaka JZ110 ditanjakan emang enteng larinya, jarang2 ampe gigi 1, tpi dijalan lurus 90kpj aja dah kasihan.

  12. sama keluhan saya,yang jelas nyesel beli supra x125,udah bodynya berisik dan gak kokoh ditambah pula dengan mesin katro..mending aja beli mx kemarin harga lebih murh lagi…capedeh…

  13. Gan ane baru beli HSX 2012 warna black violet KM baru 200km….Gas kok gak bisa enteng ya..agak berat..atau mungkin masih baru….terus shock depan setiap lewat gundukan dengan kecepatan 30-45km bunyi “JEDOK”…gitu ya gan…kenapa ya apa memang gitu….terus cakram belakang bunyi seperti piringan cakramnya ada yang mengganjal….TOLONG PENCERAHANYA ya gan….thaks….

  14. Gas berat memang bawaan HSX , bunyi jedok lewat gundukan, kalo itu mah semua motor bebek kayak gitu, beberapa motor yang saya naiki ketika lewat rel atau gundukan sebelum rel memang Njedok2, kalau cakran ngganjal jelas itu ada kelainan, tanyain ke bengkel nya mas, kan masih garansi yo, kalo nanganin garansi mereka ramah kok.

  15. critanya sama klau saya neW blade pas tanjakan gk kuat nanjak ny.
    Y terpaksa hrus berhenti dlu sampai mesin ny dingin..

  16. critanya sama klau sya pke mtor nEw blade, pas jalan menanjak mtor gk kuat
    ya terpaksa hrus berhenti dahulu smpai mesinny dingin

  17. saya baru sebulan punya HSX 125cw…keluhannya sama setiap tanjakan saya pasang gigi 1 terus…terus setiap turun gigi entah dari gigi 4-3 atau 3-2 pasti tarikan awal ngeden,,ngangkat nya perlahan…beda ama jupiter z turun gigi tarikan awal tetap nyos…beri pencerahan dong AHM 😦

  18. saya baru sebulan punya HSX 125cw…keluhannya sama setiap tanjakan saya pasang gigi 1 terus…terus setiap turun gigi entah dari gigi 4-3 atau 3-2 pasti tarikan awal ngeden,,ngangkat nya perlahan…beda ama jupiter z turun gigi tarikan awal tetap nyos…beri pencerahan dong AHM

  19. Memang sudah jadi tradisi namanya motor ngirit ya ngirit bensin ya ngirit tenaga, perlu di memori hukum energi boss. Kalo pengen ngacir beli motorya jangan yg pake iklan ngirit, kalo ane mending borosan dikit dari pada malu maluin di tanjakan , tampangya doang sih yang oke tapi yg laen waduuuh .jadi inget nuntun HSX di tanjakan baturaden purwokerto,

  20. waduh sama gan n bro ane juga pake honda supra x 125 helm in. berharap performa mesin yang oke eh malah gak kuat nanjak…..(jalan datar sih siiiip banget) kalah sama motor ane yang dulu Vega R th. 2004. kemaren ane tes di lembang 4 kali chuy motor mati padahal pakai gigi 1….weleh weleh… pusing

    • yang bener mas? mati mesin? wah…wah…padahal saya mau tes riding ke puncak…ngeri juga..ckckckcck

  21. Saya test di puncak naik supra x – helm in (boncengan), gir sudah diganti pakai blade punya,, oli pakai enduro racing, nanjaknya susah sekali, benar benar ini motor tidak ada powernya, jadi ini motor memang untuk dalam kota saja, bukan untuk touring, solusi terakhir jual saja neh motor.

  22. Motor ane Supra x 125 tahun 2011, emang sih rada berat kalo ditanjakkan pas ane bawa ke puncak, tapi pas ngerasa berat gitu, lusanya ane ganti tuh gir belakang pake yang punya blade, tarikannya mantab gan.. Tapi, ane masih ngerasa kurang juga pas ditanjakkan curug seribu, rencana mw naikin gir belakang lagi pake punya supra x 110 mata 40, tapi topspeed berkurang (Ane ga suka kebut2an 😀 ), intinya PENILAIAN MOTOR TERLETAK DI GIGI 1, BUKAN DI GIGI 4, hehehehe maap gan kalo ane ada salah kata hehehe ^_^

    • setuju mas. Tergantung kita. Kalau tau racikannya, hsx enak aja. Supra saya aja thn 2012, setelah diganti sama 13-38, f150 aja bisa dikejarnya. Kalau untuk tanjakan, gigi 3 aman saja mencapai 70km/jam. Emang sih jalan lurus, kalau boncengan, cuma mentok 90. Tapi gak apa2, bsok mau diprogram aja hsx saya kalau udah agak tua dikit kata kakak saya. Kalau masih di bwh 30thn, belum matang katanya.

  23. motor ane supra x 125 tahun 2011 ane ajak touring ke bumiayu ketinggalan jauh pas nanjak ama mio & Vario. Malu gan

  24. solusinya gampang. ganti gir belakang dengan gir gl 100 ukuran 38 merek federal saja kalo ori harus satu set, gir depan dengan dengan astrea grand ukuran 14, dan rantai pake supra fit new. Semuanya pas tanpa potong mata rantai langsung pasang. Hasil akselarasi ok tanjakan ok. Kalo top speed mau mantebs lagi ganti CDI dengan BRT unlimiter.

  25. Gan ane baru beli neh motor supra X125 CW agustus 2012, ane tes tuh dari Tangerang naik kepuncak ampe terminal Cianjur, sama tuh kasus kagak kuat nanjak, Kalah ame motor jadul pokoknya.
    Baru coba neh solusi ramuan temen. Ane Ganti gear set pakai punya new supra fit yang rationnya mendekati Jupiter MX, sama Carburator pilot jet & main jet di taikin 1step rencana bulan depan ane tes lagi ke puncak mudah mudahan oke melibas tanjakan puncak. tes di jalanan datar oke pada gigi4 lumayan ndak ngedrop. masih perlu tesssss Gan…Buat Team Honda harusnya malu tuh mekaniknya pada kagak bisa jawab. Trial n Errorrrrrrrrrrrr,

  26. Motor aku New Honda Blade 2012 juga mengalami hal yg sama jika dipakai jalanan menanjak gak ada tenaganya. Jika boncengan, yg bonceng harus turun dulu kalau tanjakan cukup curam. Hal ini tidak pernah terjadi waktu aku pakai motor ku dulu saat masih baru. Kalau motor ku yg lama sekarang sama gak kuat memang wajar karena performanya dah turun. Tapi ini motor baru sudah gak bertenaga.

  27. ganti pake gear belakang 36 ato 38 aja biar ditanjakan kenceng.,,. punya ane pke punya supra fit yg ukurannya 36.,., ditanjakan ga harus gigi 1,, paling gigi 2 kalo tanjakannya terjal sangat,.,

  28. Ikut sharing Gan……….
    punya ane ga masalah gan,mungkin msh bagus koplingnya kali,hehe….suprax125D standar 2008 jari jari KM 46000 mesin semua standar, cuman pengapian deket busi pake 9p***r ma busi standar + oli standar ..,masi pake gir 35 bawaan motor,..menurut ane emang kelemahan suprax125 itu di tanjakan,memang ane akuin sih, tapi soal top speed maknyooss bener pa lagi ketemu jalan lempeng kya ke jogja..tapi suprax125 ane kuat di tanjakan kok asal jago ngurut gas nya bener,maksimalin tiap gigi nya….ni hasilnya tanjakan Gekbrong Cianjur gigi 3 sendiri ato boncengan masih sanggup..,tanjakan tangkuban perahu arah bandung gigi 3 tapi kalo udah puncaknya mah gigi 2 jga msh bisa,hehe…
    yang penting kondisi motor harus selalu fit rajin servis aja kok….
    tapi overall ane puas ma suprax125 ane udah bnyak suka dukanya ma ni motor selama pake ke luar kota atau touring….

  29. klo motor saya supra x 125D,klo masalah tarikan awal sih emg kurang untuk motor yg satu ini apa lagi pada saat menanjak,kalah sama motor2 produk lain,tapi pada saat lurusan motor ini bisa di bilang rajanya bebek kelas 125cc,soalnya nafasnya ga nahan,saya sering memacu kendaraan ini sampai 120km.

  30. Ikut sharing juga gan..
    ane punya motor HSx 125 th 2011..sebenernya ga terlalu ada masalah buat nanjak..yang penting pinter-pinter oper giginya aja..
    cuma masalahnya di top speed nih..ane blm prnah tembus ke 100..baru 80 atau 90 aja suara mesinnya udah menyeramkan..
    Minta sarannya gan..maklum ane masih awam bgt sama yang namanya otomotif..thanks..

    • pinter2 ngurut gasnya bro,,HSX 125 2011 lebih pnjng napasnya di bnding yg 2006/07,,gigi 3 bisa tmbus 100km/jam gigi 4 bwt ngimbangin aja,,beda lgi klo di gnti cdi BRT lbih yahudd lgi tuh hehe

  31. menurutku motor honda yang baru-baru ini hanya mengandalkan kecepatan saja, emangnya jalan raya akan d jadiin ajang motogp, kalo honda yang dulu2nya sangat topcer seperti punyaku honda grand ama supra x sepanjang tidak ada yang namanya kleppek2 mantap terus,saya sarankan bagi yang bertempat tinggal didaerah pegunungan mending jangan beli motor yang baru, cari motor yang lama2 harga sangat murah dan tidak perlu buang2 uang

  32. HSX ga kuat nanjak ya itu mah masalah klasik….
    Mending agan disini yang HSXnya seperti itu
    Dicoba ganti busi platinum cop busi kitaco atau lebih bagus lagi pakai punya mobil kijang. + nine power. pj mj naikin satu step ukuran asli pilot jet35 mainjet75 jdi pj38 mj80 stel lagi karburatornya.masih kurang ganti piston yang kepala datar. Piston ori HSX cekung itu juga ngaruh gan ama masalah nanjak.soalnya kompresi kurang bgt kaga pas ama rangka gambot HSX yg berat. Kagak perlu ganti gir set dah. Punya ane gigi 2 bisa nanjak gan.

  33. ne ane kasih tips buat semua permasalahan yang ada diatas..
    biar kuat nanjak (udah ane terapin sendiri dan ane yang stel senditi juga)
    #klep in dan out di stel 0,1 mm (minta aja ama mekaniknya distelin tapi pake feeler gauge(lidah pengukur celah klep) biar akurat,emang agak berisik mesinnya tapi dijamin puas dan tidak menyebabkan kerusakan jika menggunakan oli 20w-50 (saran pake castrol)
    #ganti spuyer PJ pake ukuran 42 (pake punya supra lama) MJ pake punya BLADE ukuran 85
    #pake gear honda blade
    #pake 9power (opsional)
    #ganti per kopling pake HRP ato per kopling TK

    ane jamin 1000% semua permasalahan nanjak ilang selamanya dan ane jamin tahan lama..

  34. ne ane kasih tips buat semua permasalahan yang ada diatas..
    biar kuat nanjak (udah ane terapin sendiri dan ane yang stel sendiri juga)
    #klep in dan out di stel 0,1 mm (minta aja ama mekaniknya distelin tapi pake feeler gauge(lidah pengukur celah klep) biar akurat,emang agak berisik mesinnya tapi dijamin puas dan tidak menyebabkan kerusakan jika menggunakan oli 20w-50 (saran pake castrol)
    #ganti spuyer PJ pake ukuran 42 (pake punya supra lama) MJ pake punya BLADE ukuran 85
    #pake gear honda blade
    #pake 9power (opsional)
    #ganti per kopling pake HRP ato per kopling TK

    ane jamin 1000% semua permasalahan nanjak ilang selamanya dan ane jamin tahan lama..

  35. dirumah gw ada 2 motor, supra x 125R dan supra x 125D.. soal nanjak gunung gw masih jagoin 125D, nanjak 100m dari bawah 80kpj sampe diatas masih bisa tahan di 70kpj dengan stabil. berbeda dengan 125R, dari bawah 80kpj sampe atas cuma kuat 30kpj (dengan gigi 2)… itupun uda ngeden banget rasanya -.-” kayaknya supra seri baru emang payah nanjaknya..
    tapi, klo jalanan di kota gw baru jagoin 125R, dia lebih stabil dijalanan datar dan juga lebih halus tarikannya…

  36. saya pakai Supra X 125 R , th.2009, dulu awalnya juga gitu.. gak kuat nanjak.. apalagi ane sering touring ma temen2.. hhee

    stelah konsultasi ma mekanik langganan ane (bukan AHASS, dari baru mtor ane gak pernah masuk AHASS, servis gratis aja utuh tu kupon nya :p) ,

    langsung aja servis besar, stel klep, ganti gear blakang 38, rantai msh pakai yg 420, besok nya brangkat touring Jogja – Sarangan via Tawangmangu.. lancaarrr bossss…. (ane bawa boncenger + motor dah pake box). Tapi konsumsi bbm 1 liter buat 35-40km aja .. hehe jadi supra boros..

  37. wah saya baru beli Honda Supra X 12R Helm-in PGM FI bulan juli kemarin (07/12) dari awal sampe sekarang saya kecewa dgn performa mesinnya. Jangankan nanjak terjal, nanjak sekitar kemiringan 30 derajat aja mesin bunyi tek tek tek (kaya suara mobil yg gakuat nanjak) berat sy 50 kg tambah tas ya jadi 53 kg lah kira-kira.
    Waktu service perdana di km 300 karena mesin sudah nggak enak, sampe sekarang (km 1218) motor sudah 4 kali masuk ahass (nggak normal, mestinya baru 1 / 2 kali) mekaniknya nggak bias ngatasin masalahnya.
    apa semua sama kaya saya? apa mesti ganti gear set? -_-

  38. kynya byk yg gak bisa pake motor honda, ane dr dulu pake berbagai jenis gak ada masalah tuh ditanjakan, malah prnh pake shogun baru di tahun 1996, di jalan datar oke speed nyampe 125 km/jam tapi ditanjakan yg dibonceng mesti turun. Kalo pake honda narik gas nya mesti diurut jgn asal betot. Oh ya kalo mo ngetes motor kuat tanjakan di cianjur selatan jalan antara leuweung wangun sampai cidaun, jalan nanjak berkelok2 hampir 90 derajat kelokannya, jalan jg gak mulus amat, ada aspal, ada batu, dan ada tanah merah yg licin.

    • kalo menurut gw bawa honda tuh mw di urut mw disentak tetep aja tenaganya ada. tpi emng gak terlalu nyentak sih. kecuali Revo110

  39. tpi mnurut gw emng rata2 motor bebek 125 cc mesin datar emng lelet nanjaknya bro, cz gw jga pemakai 125 tpi SR125 Suzuki. kalo ditanjakan Subang arah tangkuban prahu ntu motor pake gigi 2, kadang ampe 1.

    bndingin dngan yg punya kaka JZ110 ditanjakan emang enteng larinya, jarang2 ampe gigi 1, tpi dijalan lurus 90kpj aja dah kasihan.

    • .-bagi yg uda turun mesin…
      .Ganti piston sonic o.s 50….
      .Ganti karbu koso 24mm
      .Ganti noken as..di bubut juga boleh..
      .Pake kopling manual .
      .Per kopling smash.
      .Busi denso iridium.
      .Oli shell helix.ganti 2 kali sebulan,,,
      .Knalpot ahau
      .Gear dpn 13 mata..gear blakang 36….
      .spek ini suda bisa lewatin satria f 150 standar…top speed nya 144 kpj…

  40. sy juga punya supra 125 taon 2011,karena penasaran ama iklan kalau katanya supra it bandel mesinnya trus sy cb bw maen ke daerah lembang atas bandung yg notabene jlnnya nanjak dan trnyta tenaganya payah sekali aplagi kl udah boncengan…ffuuhhhh!!!!!cape bgt kl ditanjakan disusulin mtr laen
    trus dah gt suara mesinnya aneh kl mesin suhunya udah panas terdengar suara kecek..kecek..kecek.. cukup keras tar kl suhu mesinny udh turun suara mesinnya normal lg pdhl ni mtr br setaon umurnya.

  41. Kalaw soal tenaga motor gua paling tau.karna saya buka lahan kebun kelapa sawit yg belum bisa dinaiki mobil.terus jalan naik turun pokoknya ngeri amat..nanti kalaw dah panen baru dibuka jln tu mobil.jd ketika angkat pupuk ke kebun aku harus bawa 2 sak alias 100kg sekarung di depan satu lg di blakang.jadi semua motor mudah ku tes mulai dari rk king.revo.mio.supra.win.suprax125.pokoknya hampir semua jenis motor yg umum.ternyata vega r 2008 lah yg paling tangguh dari semuanya,kuat bandel dan irit.dan ternyata suprax 125 lah yg paling menyakitkan hatiku..lemah.masukin gigi kelatak.lampu redup kalau turun gas.sakit hatiku saudara

  42. saya punya motor honda supra x 125 cc disc dari pertama beli motor oke suara mesin halus tapi sekarang motor menjadi kasar ada suara tek…tek…tek di daerah blok mesin sebelah kanan pada saat pagi start suara mesin berisik.lalu saya kebengkel resmi akhirnya di bongkar rapi setelah di bongkar dan di cek oleh mekanik semua normal saja baik kopling,rumah kopling,kopling otomatis nya pun masih bagus akhirnya tidak ada yg harus di ganti sparepartnya.sampai sekarang suara berisik tersebut masih ada mohon pencerahannya terimaksih.

  43. sy juga baru saja beli hsx helm in fi, +/- bulan nov 2012, dari awal yg saya keluhkan perneling agak kasar & keras terutama pada saat masuk gigi1- 2, pada saat km 500 service ahass tapi setelah service keluhan masih sama & kemarin saat pulang kerja (posisi km 1.000) saya pakai kondisi macet total & sepertinya mesin cukup panas, saya rasakan persneling agak keras terutama saat turun gigi 2 – 1 & 1 – N & setelah berhasil turun gigi terdengan suara pletok (1 kali) begitu seterusnya, tetapi esok hari saya pakai kondisi normal lagi, saya coba turun gigi 1-N tidak terdengar lagi apakah ini dikarenakan kondisi mesin sedang panas atau yg lainnya, mohon pencerahan agan agan semua apakah kondisi ini normal atau tidak, tx

  44. Untuk pengguna HSX-125D coba track di Cikidang Sukabumi ke arah Pelabuhan Ratu dan sebaliknya, itu benar-benar ujian yang berat. Kalau Cianjur Selatan sih enteng, tanjakan dan tikungan semua landai, HSX-125D bisa mengatasi tanjakan dan tikungannya. Saya coba waktu lebaran kemarin, ternyata HSX-125D benar-benar keok di Track Cikidang. Saya sekeluarga touring dengan 2 motor HSX-125D dan Vega-R 110 ternyata Vega-R 110 itu lebih unggul dari HSX-125D.

  45. supra x 125 teryata bosok saya kecewa ni aqu baru aja beli baru km 120 da kasar bgtt suara nya komplain malah g di respon dasal sialan rasanya kapok beli merek honda jaman sekarang pdhal kluargaq uda dr tahun 1988 uda pke merek honda tp skarang saya kecewa.. kl bsok servis 500 ga diberesin tu motor bIsa halus AKAN GANTI MEREK LAIN DAN GA BAKAL PAKE MEREK HONDA LAGI DAN AKAN ANE SARANIN BUAT TEMAN,KERABAT DAN SAYA PUBLIKASIKAN ATAS KEKECEWAAAN SAYA

  46. coba mas steel angin pada karbu atau yg hsxnya uda 2,3 tahunan servis berat aja ganti karet sell dengan ring seher, dan klo ada suara mesin bunyi seperti suara kecil ]—-> terrrrrrr, saat tarikan pertama itu artinya ganti kampas kopling , pke kampas kopling MX juga bisa tp kampas MX pertama ya juga bisa pake kampas karisma daytona , silahkan mncoba

  47. Saya pengguna Supra X 125 Helm In PGM-FI. Masalah yang saya hadapi hampir sama dengan agan2 semua, yaitu tidak kuat nanjak. Wah, bisa gawat mau ditaruh mana nih muka kalau buat boncengan sama si do’i. Akhirnya setelah saya tanya2 ke bengkel AHASS disarankan ganti gir belakang punya Honda Blade yang ukuran 37. Nah wong gir originalnya aja ukuran 36, masak ya cuma naik 1 doang? Merasa kurang puas akhirnya saya batalkan niat ganti gir belakang, akhirnya pencerahan pun tiba. dibantu dengan Om saya yang seorang mekanik akhirnya saya putuskan untuk ganti gir depannya turun dari ukuran 14 ke 13. Nah, kalau agan2 hitung ini rasionya hampir sama dengan menaikkan gir belakang dari ukuran 36 ke ukuran 39. Hitung2annya begini 36/13 = 2,769, sedangkan 39/14 = 2,785. Nah, setelah saya uji coba ternyata memang bener, tenaga motor jadi meningkat drastis. Saya pakai gir depan punya Honda Prima yang ukuran 13, tapi harus dibubut dulu ketebalannya dari 428 jadi 420. Sekedar tambahan, oli juga sangat berpengaruh. semula pakai oli pabrikan bawaaan motor, merasa kurang puas akhirnya ganti pakai Castrol Power 1, tarikan makin enteng, mesin jadi halus, dan menjaga mesin tidak sampai overheat. Pokoknya sekarang jadi lebih PeDe bawa motor kemanapun…

    • Ane bukan mekanik dan ga mudeng otomotif, tapi kalo menurut ane, kalo ngurangin gir depan itu artinya beban semakin bertumpu pada mesin, karena beban yg tadinya dibagi ke 14 gir sekarang dikurangi jadi 13 gir.
      Gak tau juga sih apa dan seberapa risikonya terhadap performance mesin.
      Biar suhu2 yg kasih pencerahan. CMIIW

      Ane juga pake HS Helm.In dan udah lulus Jakarya-Sawarna via jalur ekstrim Cikidang dan Cisolok.
      Tapi ya itu, beberapa kali musti pake gigi 1, untung gigi 2 nafasnya agak panjang jadi kalo jalur naik-turun bisa stand by di gigi 2, tapi kalo gak dapet kecepatan awal yg tinggi (misal krn jarak motor di depan pendek ato jalur
      berliku) maka keliatan dah cupu-nya tuh motor. Selama perjalanan cuma bisa ngimbangin temen ane yg bawa mio

      .Ane prefer ganti gear belakang ke 38, tapi masih galau rante-nya perlu berapa panjang, soalnya kayaknya nih motor agak lebih panjang dari seri bebek2 honda yg lain. Mungkin ada suhu yg bisa bantu pencerahan.

      Thanks

  48. masih mending klw cm g mw bwt tanjakan….mtr w supra x125 thn 2012 bln 3.tp skrg dh mnta ganti SETANG SEHER…kmrn wktu baru’a w claim kbgkel resmi..kty g p”..e ywdh w g prcy lg m bgkel resmi..dh jelas” tu tnd” stang seher g bers…msh j NGEYEL tu Mekanik….emg w g ngerti mesin p…W KECEWA M MTR SUPRA X 125 ini….mana br ngansur 9x lg…..

  49. sya mau berbagi cerita saya ..
    sya jg ksel bgt nih pake hsx 125r . bru sebulan make mtr rasanya kga enak bgt baik di tnjakan maupun di trek lurus . mesinnya berisik ada suara “teketeketeketeketeketek” klo mesin udah panas . jujur awalnya pgn bli yamaha jupiter mx , udah suaranya keren , dibawanya jg enak mpe gigi 5 pas nyobain pnya temen. tpi krna bokap gak setuju dgn yamaha dan lbh suka tuh raja bebek sialan yaudah akhirnya sya ikutin kemauan bokap,(maklum bokap udah klop bgt sama mtor” honda) lgipula awal sya liat jg modelnya bagus dan suaranya lbh halus. eeeeeehhh trnyata pas plat dateng dan di pke ke jlan ,blm mpe sebulan . keanehan byk terjadi ama nh mtr . sumpahh rasanya hati sya dimainin ama nih mtr , klo pagi” brgkt krja kya.a syg ma nh mtr , tp klo pas dpke jalan jauh bwaannya mumet bgt ma suara teketeketeketeknya . malu”in ..
    setelah sya jlasin smwnya ke bokap akhirnya dy baru paham . dan dia sendiri yg menyarankan tuk oper kredit dan beralih ke yamaha , tp wlpun dy masih sdkit ada rasa ragu utk ngelepas raja bebeknya,, sya akan cepat” jokul nih mtr mumpung masih cling n muluus bodynya 🙂 dan juga sblum bokap brubah pkiran 😀

    • Jadi gmn gan tolong kasih pncrhan supra x 125 ane jga memmble klo nanjak, apelagi waktu touring ke puncak gk narik lari’y…
      Ane minggu dpnw kepuncak jd ap yg hrus abe gantu biar hsx an bisa brsaing dgn mtor2 tmn ane yg lain nya?
      Moho pencerahan nya gan

  50. kebetulan di rumah babeh aye pake hsx 125 langsiran 2011..
    utk bunyi tek.tek.tek dimesin sblh kanan dulu pernah bunyi,tapi setelah saya ganti merk oli dgn sh*ll HX7 suara tek.tek nya hilang dan lebih halus,lari pun oke dtrek lurus..
    utk dtanjakan krna yg pke bkn saya jd blm tau klw hsx 125 payah dtanjakan,kebetulan sproket gear set jg udh aus n memang ad rencana mau ganti..
    saya sendiri pengguna suzuki fd 125 tahun 2004,gear set asli sama dgn hsx 125 yaitu 14/35 memang agak payah dtanjakan makanya di fd 125 saya skrg pke ratio 14/37 tarikan jadi oke n tanjakan lmyn mulus..
    rencananya mo saya aplikasikan ke hsx 125 babe ane..
    oia,sebisa mungkin hindari penggantian ukuran ukuran gear dpn dikarenakan sensor kecepatan mtor hsx 125 ada di gear dpn,sehingga apabila terjadi perubhan gear dpn dpt menyebabkan kesalahan (error) pd penunjukan kecepatan di spidometer..

    salam..

  51. permisi…??? numpang tanya nih…
    saya punya supra X 125 R thn 2011,, mengenai mesin nya ok ??? tp knapa yach setelah sya melakukan sevice ko malah ada bunyi dibagian seher seperti bunyi besi yang beradu….????
    itu knapa ych…..
    rante keteng nya jg sdh di ganti,, tapi masih aja bunyi itu ada….???
    mohon info nya….
    mkasih,….
    🙂

  52. coba anda pelajari gear rationya dulu boz…
    sejatinya supra standar vs blade standar kalo untuk nanjak2 ane yakin entengan blade standar???
    knapa???kan supra ccnya lebih gede 15 cc dari blade???
    ini permasalahanya cenderung kepada gearbox ratio dan final gear rationya hsx 125,
    Menurut saya ahm merancang motor ini agar punya top speed yang lumayan tinggi, terbukti dengan dipakainya gear rasio berat,,lihat saja final gearnya (gear rantai) depan:15 belakang:35..kalo blade ratio ringan jadi akselnya mantap, tapi top speed menang hsx di jalan datar..
    kalo mau enteng di tanjakan dan tarikan joooz beli saja gearset new blade..lumayan belakang naik 2 mata, punya blade depan:14 belakang:37, tapi bakal mengorbankan top speed.

  53. mau tanya dong gan tapi bukan masalah gak kuat nanjak,,ane punya supra 125cw tahun 2012,,kenapa setiap digeber pada kecepatan 90km/jam kok muncul bunyi ya,,seperti bunyi kipas mio gitu..nguiiiingg…wiingggg…winnggg….kurang lebih seperti itu,,apa itu jeritan mesin atau apa ya? apakah supra anda seperti itu dikecepatan 90km/jam? apakah supra 125 ini sanggup berlari di kecepatan 100km/jam? dikecepatan 90km/jam aja udah muncul bunyi,,apa lagi 100km/jam?
    mohon pencerahan ya? thanks 🙂

  54. motor gw bukan Supra X 125 bro, tapi honda juga n kasusnya sama. honda absolute revo tahun 2012 bulan 4. sudah gak bisa nanjak n boros pula. 1 liter bensin hanya sekitar 30 km. n klo ditanjakan bunyinya kreketekreketek gitu. malah sering disalip ama honda legenda yg selain cc-nya tentu lebih kecil, usianya 15 tahun lebih tua!

    gw pikir, mungkin ada banyak solusi ut masalah macam ini. ut motor gw masalahnya paling2 berkitar di setelan katup yg salah. tp telepas masalahnya bisa atau tidak diatasi, yg bikin ane merasa kecewa adl ternyata tidak semua motor honda absolute revo begitu. absolute-revo2 yg lain normal-normal aja. artinya, ada kemungkinan motor gw cacat produksi. artinya, di pabrikan honda selalu terbuka kemungkinan ut melepas produk yg cacat produksi ke pasaran, alias kualiti kontrolnya ga teliti! (dan yg nanggung semuanya tentu kita penggunanya sebab honda ga mungkin gantiin motornya)

    ini mgkin skedar perspektip lain bro. bwt kita yg pengguna honda yg mungkin kadung percaya sm reputasi honda. soalnya bukan pd apakah masalahnya bisa diatasi atw tidak, tp bhw di manajemen honda itu ternyata kemungkinan ut melepas produk yg cacat produksi itu aganya peluangnya besar

    dari kekecewaan yang sangat mendalam. seliter bensin hanya untuk 30 km dan di tanjakan disalip ma honda mandra… 😦 sekian

  55. kalo ane bole kasih saran nih,coba pake oli deltalube warna ijo aja gan soalnya ada 2 macem warna biru 1 liter warna ijo 800ml.emang oli ini kentel tapi awet buat mesin.ushain premium di campur pke pertamax 1 banding 3 lah,gear fullset pke blade.cdi pke unlimeter(merk racing banyak) trs di kasih busi yg iridium supaya pngapian sempurna.ane jamin ni jalan lapang nafas panjang,jalan naek digeber pun berani!
    nb:inget gan,motor harus waras alias sehat..

  56. kalo hsx 125 ane tahun 2009 pake gir depan 14 belakang 36 rantai 428, ditanjakan bandung pangalengan masih kuat gigi 3 kadang2 gigi 2, ditiap tanjakan belum pernah gigi 1. Top speed ga trlalu ngaruh masih mampu 120 km/jam.

  57. kalo hsx 125 ane tahun 2009 pake gir depan 14 belakang 36 rantai 428, ditanjakan bandung pangalengan masih kuat gigi 3 kadang2 gigi 2, ditiap tanjakan belum pernah gigi 1. Top speed ga trlalu ngaruh masih mampu 120 km/jam. NB: Berat joki 74 kg, istri 52 kg, anak 25 kg.

  58. 1. Berhubung yang membahas masalah “tanjakan” sudah banyak saya ngikut mengeluhkan hal yang sama gan 😦

    2. Nah kasus berikutnya saya membenarkan masalah yang dialami Dodi diatas, hal serupa juga saya alami ketika asyk menggeber dijalanan lurus pasti timbul suara berisik yang tidak meyenangkan gan 😦
    seperti bunyi kipas radiator gitu.. nguiiiingg… ngiungggg… wiingggg… winnggg…. kurang lebih seperti itu,, apa itu jeritan mesin atau apa saya tidak tau, yang pasti harus menurunkan kecepatan agar bunyinya reda… perlu dicatat bahwa muncul bunyi saat kecepatan ± 95km ke atas 😥

  59. ane juga pernah ngalami gan. ane juga suka sama comment nya mereka.. jadi ane izin share comment nya y gan.

  60. @ http://spotakerblank.blogspot.com/ (spotakerblank) berarti apa semua supra sama gan seperti itu? saya konsultasi ke AHAS katanya bunyi saringan udaranya,,katanya kotor, tapi supra temen sudah 2 tahun belum pernah bersihin saringan udara masih topcer di kecepatan 90km/jam,,gak ada bunyi..
    ngeri juga kalo keluar suara itu dikecepatan 90km/jam dan juga malu alias tengsin mesin 125 di kecepatan 90km/jam bunyi nguwingg…nguwinggg…padahal yg 110cc aja anteng2 aja…

  61. @Agan Dodi : mungkin tidak semua seperti itu, terbukti dari sekian ratus komentar hanya beberapa orang yang mengeluhkan seperti bunyi kipas radiator gitu.. nguiiiingg… ngiungggg… wiingggg… winnggg…. (bahkan buruknya terdengar seperti suara besi beradu gesek) yang pasti BERISIK BANGET di kecepatan 90km/jam keatas…
    Agan Dodi masih enak dapat jawaban dari mekanik AHAS walaupun jawabannya terdengar ngawur (bunyi saringan udara)…
    Di bengkel resmi honda saya sudah mengeluhkan pada mekanik tanpa mendapat jawaban, malah mekaniknya sok tahu seolah2 mengerti apa yang user keluhkan & lagaknya sok oke kerja, sepulangnya dari bengkel saya coba menggeber motor dan ternyata hasilnya tidak ada perubahan 😦

  62. Ikut comment nih,, klo menurut pngalaman gua si HSX 125R tarikannya ok mau jlnan datar maupun tanjakan kbtulan gua pcinta HSX 125R,, tpi dgn catatan setingan motor pas, sbenernya gampang klo mau tarikan supra 125 kita jadi maksimal tanpa biaya yg mahal, mau percaya atau gak terserah kalian, yang jelas ni pengalaman gua, langsung aja gua kasih tipsnya..
    1.Pas motor baru kluar dr dealer, langsung service ringan plus gnti oli.
    2. Test top speed smpe mentok d gigi 4 kurang lebih 3x trek.
    3. Hbis d test spuyer d perbesar 5 poin dr ukuran standar.
    4. Klo ganti CDI Racing mahal, klo m’nurut saran gua mendingan dudukan spul d coak dikit.
    5. Pasang kopling manual.
    6. Rante di buang 1 mata.
    7. Ganti per kopling racing.
    8. Filternya d buang yg d pasang box’a aja.
    9. Buka seher terus bersihin, biasanya ada kerak yg nempel walau motor baru.
    10. Knalpot bobok/racing.
    11. Bensin pertamax..
    12. Stang d turunin, klo bisa ganti stang mio (yg second aja biar murah), biar pas lg top speed motornya ga goyang, jd biar ttp stabil..
    Dgn 12 cara lu cman ngluarin duit ga lebih dari 650, top speed mtor HSX 125 bisa nyampe 140 kpj..
    Malah motor gua bisa mentok di 155kpj,
    ga percaya, skrg tinggal pake logika, itu motor d spido top speed 160 kpj, brarti pihak honda ngedesain motor Hsx bisa mencapai 160kpj, cman sma pihak pabrik d limit, nah tugas pengguna cman tinggal berpikir gmn caranya kecepatannya bisa maksimal, dan caranya ya yg di atas..
    Itu pengalaman gua bos, tapi jujur motor gua boros total, dulu gua prnah turing k puncak start d pondok cabe, keadaan motor baru, gua hbis duit buat bensin cman 15rb pp (premium), tpi skarang 70rb sjalan(pertamax),,,

  63. Cara Mengatasinya yaitu dengan tidak membawa motornya dengan kencang2 dan berkendara dengan santai tanpa terburu2, sebelum 2/3 jarak perjalanan di puncak. sebagai contoh saja: saya punya motor supra x helm-in pgm-fi 2012 yang masih serba standar, saya dari Subang selalu bawa motor saya berbelanja Pakaian untuk Jualan ke Pasar Baru di Bandung, dari Subang sampai Ciater saya membawa motor saya dengan kecepatan maksimal 50km/h tanpa ugal-ugalan dan tanpa terburu-buru, alhasil tanjakan RM Abah berhasil dilalaui dgn gigi 4 dalam 45-50 km/h kalau jalan agak oleh mobil dan motor dalam gigi 3 OK tanpa ngos-ngosan. dan di tanjakan ciater-tangkuban parahu gigi naik-turun antara gigi 3dan4 kecuali jalan padat mentok di gigi2 masih OK,,
    Selamat Mencoba….
    Jangan Kebut-Kebutan di jalan Umum, selain resiko kecelakaan, ternyata berpengaruh terhadap performa kendaraan….

  64. mas mikail pesuruh orang dealer ya? emang semua tanjakan di republik ini persis mirip seperti tanjakan di puncak ya sehingga pakai rumus kalkulasi ‘berkendara dengan santai tanpa terburu2 sebelum 2/3 jarak perjalanan di puncak’. ?

  65. Saya juga pemakai HSX125 th 2009,sebelumnya shogun 125tahun pertama. Jujur dibanding shogun125,saya kecewa sekali dengan HSX.Pernah sekali test ke Gunung Kelud,boncengan ma istri plus anak 5tahun,yah gitu deh,sama seperti keluhan mayoritas disini.
    Terus akhir akhir ini saya nemu settingan yang lumayan(motor saya servis sendiri),anatra lain
    -seting klep,in-ex sama= 0,03mm ukuran ini saya dapat browsing di internet,pertama gak yakin karena kecil sekali,tapi yah nekat aja.
    -busi standart celah 0,6mm
    -lepas katup choke di karburator,jadi gak pakai choke.
    Udah gitu aja,lainnya standart full,dan hasilnya besar sekali perbedaannya. putaran bawah sampai atas tenaga ngisi terus.Yah berimbanglah dengan performa Shogun 125.Kalo biasanya jalan lempeng jalan 70 mesin dah gak enak,sekarang 80 mesin masih enak.Cuman untuk di tanjakan belum sempat nyoba lagi.Rencana secepatnya dites lagi ditanjakan G Kelud,untuk dicari lagi apa yang perlu disempurnakan.

  66. SUPRA X 125 buat lurus oke jarak pendek2.. Kelemahan tanjakan ngempos topsped memble.. wajar tu stroke panjang.. biar kuat tanjakan ganti gir dpan pake lbih gede.. beda ma yg 100cc walo kecil tp nafas panjang vegaR 105cc and jupe 105cc bahkan 110cc aja keox.. ma supra fit walo gir gede..

  67. motorku supra 125 cw thun 2010 alhamdulullah baek2 saja gigi 2 berani 60-70 km klo gigi 3 bisa sampe 80-100 tu enteng bget getarnya waktu 105 km tp msih gigi 3 mas tpi klo dah gigi 4 bisa mencapai 125an, ya sdikit mngeluh sih klo msalah tanjakan, waktu itu aku ke imogiri bantul jalannya mantab dan akhirnya motorku gigi 1 – 2 hahaha masih kalah sama vario 2008 og pie haha meskipun sama2 ngeden tpi sebenarnya itu trgantung yg pake dan ancang2 waktu ke tanjakan

  68. tidak ada msalah sama gear atw pun tanjakan buat HSX atw jenis yg lain gan . . .
    cuma kalian harus stell ulang skep n klep nya . . .
    coba pke stell an klep 0,12 : 0,14 dan jarum skep nya harus d tengah agar tetap stabil . . .
    trus ganti ban blakang dengan ban tubles dengan angin CO2 agar lebih ringan jgn O2
    selamat mencoba . . .

  69. Honda supra x 125 memang ga kuat nanjak.
    Diganti gear lebih besar bagian belakang ttp aja kurang kuat.
    Kalo diganti yg lbh besar gear belakang di jalan track lurus datar larinya pasti ga bs kenceng alias ANEH !!!

  70. motor saya karisma-x ko kuat ? , padahal ccnya sama . kalo supra-x menurut saya bagusnya supra-x yang tahun 2010 / 2011 . itu tenaganya gila kenceng banget , di pakenya pun juga enak

  71. motor karisma saya juga sama gak kuat nanjak…..masadi gigi satu boncengan buat nanjak pernah mogok….malah yang di bonceng suruh saya turun,,baru deh motor bisa jalan….
    apa mungkin karena gir belakang kecil x ya….
    mendingan supra fit saya th 2006…di gigi 2 masih bisa nanjak…

  72. gear belakang ganti z pake punya revo/blade, gear supra x 125/ karisma rata” ukuran 35, sedangkan punya revo/blade ukuran 37 boz,,

  73. saya jg sama mslahnya brow..
    Mungkin pelek racing(bintang,palang)pngaruh juga x.
    Berat hsx 125R ma 125D kira2 slsih 2kg an.
    Kalo bunyi ctak ctok saat oper gigi, itu btuh stel baut kopling.
    Sya pake oil cstr*l aktif,
    Kalo suara nguing2 saya dnger saat kcpatan 60 km/jm. Tp ga tau sebabnya.
    Top sped y paling 100km/jm. Tp klo ada barengan(lawan) bisa naek cuma 105 mpe 110 aj.
    Niat y sih pngen ganti gearset merk sss ukuran 14/36 rante 415.

    • Just share saja para agan smua…
      Kita tidak bisa membandingkan supra x 125 dengan honda lama yaitu kelas c100 ataupun motor lainnya….

      Supra x 125 di desain untuk mengimbangi kompetitornya yaitu shogun 125 ataupun jupiter mx… Yg menjadi blunder pihak honda adalah menghilangkan ciri khas ke Honda annya.. Mereka menciptakan mesin dengan tarikan gigi panjang untuk menciptakan keiritan bensin motor… Jadi pengalaman saya pribadi kalau mau nanjak pakai supra X125 silahkan tarik motor secara maksimum
      Gigi 1 : sd 40km/jam
      Gigi 2 : sd 70km/jam
      Gigi 3 : sd 95km/jam
      Ketika menanjak dan kecepatan dibawah 35km/jam silahkan agan” oper ke gigi 1 secepatnya, jadi tidak kehilangan tenaga dan power motor… Maklum motor ini torsi tinggi tapi tenaga lemah.. Beda sama pendahulunya yg torsi rendah tapi tenaga tinggi, jadi nanjak gigi 2/3 pun tetap bertahan ( honda klas c100 )
      Honda c100 ( grend / legenda / prima / supra x 100 / fit )
      Gigi 1 : maks 25km/jam
      Gigi 2 : maks 50km/jam
      Gigi 3 : maks 70km/jam

      Sedangkan kompetitor supra x125 yaitu shogun 125 punya torsi lebih tinggi sedikit dri supra dan tenaga yg jauh lebih besar dri supra.. Jadi kalo kita pakai supra x 125 secara spek jauh tertinggal dri shogun baik di jalan lurus maupun tanjakan.. Dengan catatan berat badan pengendara sama berat dan jalan kosong ” bukan adu nyali atau drag ya gan” 🙂
      Smoga bermanfaat buat agan” yg biasa memakai honda lama( torsi rendah tenaga besar ) dan sekarang harus memakai honda baru ( torsi tinggi tenaga kurang )

  74. supra kepunyaan saya juga begitu, buat nanjak ngeden banget…
    Malahan, sesudah buat nanjak rantainya kendor…

    • Motor saya supra x 125 hlem in.Kondisi motor dirobah ketinggian pake phos jd tinggi,oli pake oli shell.Wkt dulu saya prgi ke tasik jalur subang wado jalanya parah nanjak bulakbelok.Paraknya gx kuat naik tp ada perbedaan sdikit ktika nanjak tkanan bn blakang agak ringan meski bocengan dan dari kerawang tasik jalur subang wado itu 6 jam gx brhenti brhenti tp mesin suaranya standar.Trus bsk naik kawah galunggung masih naik juga.. Tp tiap mau brangkat ke trek saya stel kelep.Tp paraknya pulang dari tasik plat kupling hrs diganti.

  75. Bulsit..,, supra x 125 saya masih bisa bersaing dengan pabrikan lain. Apalagi saya tinggal di daerah Jawa Barat yang daerahnya tidak rata alias penuh tanjakan toh lancar2 saja motor saya. Gimana yang bawa, didukung pengalaman berkendara tentunya (Maaf tidak bermaksud menyombongkan diri). Tapi coba kalian berpikir secara logis, betul mmg kalau masalahnya dari jumlah gerigi yang lebih sedikit dibanding Pabrikan lain. Sama halnya sprti berkendara sepeda Gerigi belakang lebih besar dibanding depan, pasti terasa ringan bila di kayuh.

  76. misi agan2..ikut nimrung ni..!!! ane juga baru beli honda supra x 125 helm in baru 6bulan.kecewa banget sama ni motor. mesin cepet panas padahal dah ganti mcm2 merk oli,rem nya sering blong ketika lama di jalan macet.body depan bunyi2 dan tenaga kurang.sudah coba konsultasi ke bengkel ahas cuma di catet n manggut2 aja.beres di service tetep aja begitu.pokonya kecewa banget sama ni motor.

  77. ane punya supra x 125 helm in f1, suara mesinnya bikin ngilu hati… tiap perpinsahan gigi harus siapkan otot kaki, nanjak dikit gas harus di buka banyak2… complain pun percuma tetap saja setelah servise bgtu jua…amit2 banget dengan motor ini.

  78. hemz kalo nanjak yaaa agak berat ngoyo tapi kalo pas datar bush bush
    si SUPRI ngajakin lari mulu pa lagi kalo buat turing jauh (makin panas mesin makin akselerasi joss) ms brooooo 😀
    1>=25
    2>=45
    3>=90
    4>=123″

  79. tambah speed = perbesar gear depan dan perkecil gear belakang (sesuaikan dengan daya n torsi maksimal biar g terlalu kehilangan tenaga) krn tenaga pastinya berkurang [tingkatkan daya/tenaga mesinnya]

  80. YAH…. telat saya bacanya, kalo tau banyak coment soal supra X 125 ga kuat nanjak, saya ga jadi ambil deh…
    tapi udah si supra udah masuk angsuran ke 9, hemm… baru ngerasain deh penyakit nya, padahal rutin service and olinya…
    cape deh supri… tertipu karena rupanya…

  81. nsx 125 cw….

    setangnya enteng banget ya??kalo buat speed di atas 70 motor kurang stabil,di tambah lagi dengan badan saya yang kurus berasa banget gak setabilnya, agak goyang gitu.
    tapi kalo buat boncengan motor setabil.
    ada solusi agan2 semua..
    motor baru dua bulan yang lalu…

  82. wah yan nyetir kurang galak. pake gas dan di geber danambil ancang 2 yang pas. jika perlu genjot dikt2 koplinge pas nanjak. aku aja pake supra 125 ku tahun 2008 standar jg blm pernah ganti seperpat mesin sama sekali kmarin aku pake ke sedudo ma gunung kelud aja kuwat. bergoncengan juga. yang penting jokinya mas.

  83. wah yan nyetir kurang galak. pake gas dan di geber danambil ancang 2 yang pas. jika perlu genjot dikt2 koplinge pas nanjak. aku aja pake supra 125 ku tahun 2008 standar jg blm pernah ganti seperpat mesin sama sekali kmarin aku pake ke sedudo ma gunung kelud aja kuwat. bergoncengan juga. yang penting jokinya juga mas.

  84. buat agan agan yg pada ngeluh tentang supra x 125 ini,mau yg ga kuat nanjak,suara mesin berisik atau apalah itu,kalo ane boleh saran mending pake motor trill aja dijamin kuat nanjak+motor bisa lompat lompatan sampe setinggi gunung gede,gunung merapi, setinggi puncak bahkan setinggi langit. Dijamin PUASSSSS pake motor Trill……….

  85. klo mau beli motor,liat dulu speknya..jangan hanya liat brand,liat tampilan,biar kagak nyalahin yang bikin motor..motor utk jalan datar eloe pake nanjak,,motor untuk pegunungan eloe pakai di kota..ya jelas eloe pd kuciwa….jangan salahkan bunda mengandung….kwkwkwkwk…maaf emosii eh…eh

  86. sama saya kemaren toering ke puncak juga gtoe boncengan ngeden tapi tergantung jokinya mas brow saya gigi dua aja ngacir bgt padahal motor seken, emg supri dahhhhh….,.,,

  87. bagi yg punya solusi bagaimana supra X 125 helm in pgmf1 ga kalah saat nanjak dng motor 110cc tolang di share…. bagi yg tau agar suara mesin suprax 125 helm in pgm f1 tdk kasar… share dong….. ane beli supra helm in pgm f1 chas… makanya terasa bngt tidak puasnya.

  88. wiiihh, semua pada ngeluh dengan HSX 125.
    begitu juga ane gan, buat salip truk di jalan raya yang agak nanjak aja ngeden banget.. Jadi takut mau salip, takut kedahuluan sama mobil/motor dari lawan arah…..
    Kecewa banget.

  89. Saya baru saja beli HSX 125 cw, setelah mengumpulkan review dan membandingkan spec dengan HSX 125 helm in, saya akhirnya memilih HSX 125 cw. km masih dibawah 500 maklum masih baru banget, jembatan layang lempuyangan jogja gak ada masalah, suara mesin halus, gas stabil, tapi memang saya mengeluhkan kemudi yang cenderung ke kanan, kalo lepas tangan pasti selalu ke kanan. ada saran?… apa nunggu 500 km baru bilang ke ahass?…

  90. puuuuff…. setelah 6 bln motor hsx125 helm in, ane cob di track jalanan datar sepanjang 12km { karena penasaran }… gigi 1 speed saya sampai ke 40km/jam gigi 2 sampai ke 70km/jam gigi 3 sampai ke 90km/jam gigi 4 mentok di 100km/jam itupun memakan jarak yg jauh baru bisa… tp knp tman2 yg lain bisa bilang top speed mencapai 135km/jam??

  91. Kenapa Motor Honda 125x Cw kok kalo dipake menempuh jarak jauh rasanya sudah bising banget padahal oli baru saya ganti disamping itu casing Supra 125 x Cw tipis banget kwalitas kurang memuaskan&catnya mudah pudar..

  92. sorry ikut nimbrung Bro….
    Baru kali ini saya pilih honda.hasilnya tidak sesuai dengan yang di iklankan. inilah POTRET HONDA INDONESIA yang selalu puas dengan keadaan saat ini. kalau anda melihat ke belakang, kala itu ada honda C 70 atau CB 100 sampai sekarangpun sudah 40 tahun tidak ada perubahan yang berarti ke Supra X 125 atau Mega Pro maupun Tiger. artinya basic mesinnya masih menggunakan mesin Jadul. Mesin CB masih bisa dijejali onderdil mega Pro maupun Tiger. Bila ada produk baru, yang beda cuma Cover bodynya aja. Coba tengok Produk Thailand.. misalkan pada waktu itu mengeluarkan NSR 150 kemudian keluar NSR 150 RR lalu disusul lagi dengan NSR 150 SP, dimana tiap seri yang dikeluarkan baik performa maupun tampilan sangat jauh perbedaannya. padahal negara kita adalah pemakai sepeda motor terbanyak di asia tenggara.mungkin di Dunia. inilah gambaran kemajuan Otomotif di negara kita. SEPERTINYA MEKANIK JALANAN LEBIH PANDAI DARI INSINYUR YANG BEKERJA DI PABRIKAN HONDA.. DI INDONESIA. itulah ironi nama besar HONDA. trims….ex anak motor.

    • Ingin hsx 125 kuat nanjak? Cara paling sederhana adalah ganti gir dengan rasio ringan, contohnya pake gir set supra fit (14:38) dan ganjal jarum skep. Tapi hasilnya msh kurang memuaskan. Nah ada cara sedikit ekstreem nih, yaitu bore up mesinnya. Pake piston honda sonic/ cs-1. Emg lumayan ekstreem, tapi percayalah hasilnya sangatt memuaskan. Jalan datar oke, tanjakan oke banget..! Bahkan tanjakan yg biasanya pake gigi 1, sekarang bisa saya lahap dengan gigi 3

  93. perbandingan punya supra berat, kalo punya kerja yg tempatnya berbukit kurang cocok, kalosdh terlanjur beli ikuti aja saran saran diatas, ganti gir belakang yg besar dari standarnya yg cuma 35 bisa ke 38 atau 40

  94. ikut nimbrung dong…
    dari lembang ke bandung lewat desa langensari keluar dago sangat ngos-ngosan istri saya harus di tinggal…. parah……

  95. Saya juga pernah gemedek dengan motor ini, waktu ke pegunungan daerah Siluk Wonosari, Masak motor saya kalah sama motor bebek lain yang CCnya cuma 110, padahal sama-sama berboncengan tapi motor saya krenggosan kalah ditinggal ngacir.

  96. motor saya selama ini honda terus, tapi tahun 2012 beli honda supra x 125 pgm fi jadi kapok, percuma komplin sama dealer, nggak ada perbaikannya, sudah banyak yang komplin nggak ada solusinya ya tetep nggak kuat di tanjakan, sudah cukup nggak usah dibeli tu honda.

  97. motor saya supra x 125 pgm fi udh 3 tahun masih bgus-bagus aja ni, motor t kalok perawatannya bagus pasti mesinya juga bagus.

  98. Ane ikut comment ni gan..
    Untuk keluh kesah agan2 sekalian tuh ane punya solusinya semua. Ane udah bergelut di seputar mesin hsx 125. Untuk motor yang masih dibawah km 4000, tolong jangan di bawa ke tempat extreme atau menarik gas kaya yang kesetanan. Karena mesin motor masih dalam tahap pemuaian atau endrayen. Karna jika gagal dalam masa itu, motor tidak akan maksimal pemuaiannya dan tidak.akan mendapatkan tenaga full.
    Untuh motor yang udah lebih dari km 5000, ane saranin ganti gear set yang ukurannya 14 – 38 dengan ketebalan 240 (ane pake merek daytona)
    Spuyer naikan hingga 2 step. (dari pilot jet-main jet asal 35-75 menjadi 38-78) sebenarnya itu saja sudah cukup untuk mendongkrak tenaga si supri. Jika masih kurang, dapat di ganti knalpot dengan type free flow, porting n polish lubang klep in dan ex, ganti cdi dengan yang non limiter, ane saranin BRT karena sudah terbukti cocok buat honda.(untuk perubahan CDI non limiter harap berhati hati karena bisa melampaui kemampuan putaran mesin. Jangan membentak gas sekaligus, levih baik nengayun gas sehingga mesin tidak cepat aus). Penggantian cdi ini dapat menghemat bbm hingga 20%
    Per kopling ganti dengan tdr dan kanvasnya juga.
    Perubahan semua itu bisa mendongkrak hingga 4hp. Top speed yang pernah di raih hingga 130kmpj. 0-100kmpj hanya dalam jarak 150m.
    Ane pernah ngebulin fu, mx. Motor ane hanya kalah top speed saja karna linear boring masih standar.

  99. sekedar sharing saja. saya pengguna HSX helm in pgm fi keluaran mei 2012. saya pakai dari baru. sejak keluar showroom selalu minum shell super sampai sekarang. di 500 km pertama buka gas halus2, dan lari max 60 km/jam saja. setelah 500km, saya ganti oli, lalu setelah itu pemakaian cenderung beringas. kalau nemu jalan kosong, akselerasi terus2an. tapi tidak memaksakan rpm loh ya. bahkan kadang saya ngegas di jalan kosong gigi 4 bisa sampai mentok gas, dan top speed mentok di 110km/jam. sekarang kilometer sudah 20ribuan. saya ganti oli selalu teratur setiap 3000 km (anjuran pabrik 5000 km, tp saya percepat krn jalanan jakarta berdebu sekali). dan busi selalu ganti baru setiap 2 kali ganti oli (6000 km). oh iya, oli saya pakai shell advance. hasilnya motor saya sampai sekarang syukur masih enak sekali. lari enteng, mesin tetap adem meskipun habis digeber ngebut siang2. kadang kala nemu jalan nanjak dan berboncengan juga kuat2 saja tuh. tapi ya memang jarang sekali sih di jakarta ketemu jalan menanjak tinggi. jd saya kurang pengalaman yg bisa dibagikan utk urusan nanjak. tp so far saya puas sekali pakai supra helm in pgm fi. oh iya, saya maniak bebek honda. saya pakai honda mulai dari astrea 800 tahun 80an, astrea grand tahun 1995, supra x 100 cc tahun 2003, supra fit tahun 2006, revo fit tahun 2009, sampai sekarang supra helm in pgm fi, semuanya (untungnya) enak semua dipakainya. kecuali supra fit yah, terasa sekali agak kurang kualitas materialnya.
    begitu saja sharing saya. semoga bermanfaat. thanx.

  100. Nikmatin aj dah…supra 125 biar sekencang kencangnya mtr apa untungnya. pelan asl selamat…yg di cri kn iritnya/gk rewel…dri hrgnya beli jg murah..mklum aj. sadar diri aj kita hati2 di jalan itu bru pengendara sejati..

    • Ya bro bener walaupun motor supra saya udh bore up 150 saya santai aja bawanya kecuali di trek lurus sepi tarik dikit lah hhe
      Soalnya saya buat belajar mesin dan modifikasi peningkatan mesin secara ototidak
      Dan juga karena hoby
      jadi sekarang saya servis besar atau kecil sendiri di garasi rumah: )
      keep brotherhood and safety riding always

  101. memang betul supra x 125 kurang bisa nanjak kebetulan jalan depan rumah saya nanjak lumayan tinggi supra x 125 yg belum 1 th hrs pake gg 1, tapi revo yang udh 5 th msh kuat dg gg 2, malah terkdang mati tb2 d tgh prjlanan kenapa ya………..

  102. Masalah hsx 125 emang begitu gan.., gak kuat nanjak kalau pakai gear set standar…. selain itu kopling juga sering selip gan…, kalau ane saranin emang lebih abik ganti gar set gl 100 / gear supra fit new yg rasionya 14-38 tarikan akselerasinya lebih yahutt enteng.. untuk dapetin 0-80km/jam lebih cepet dapatnya dan lincaj kalau di jalan kota yg stop & gooo…, tp cuma top speednya berkurang dikit sih..misal yg dulu waktu pakai gear standart HSX 125 ane bisa capai 130 km/jam smpai 135 km/jam tp kalau pakai gear gl cuma bsa 110km/jam – 120km/jam…, dan untuk masalah kopling sebaiknya kampas koplingnya diganti aja pakai merk aftermarket atau racing.. punya ane ane ganti pakai merk thailand giginya jdi lebih empuk dan pindah giginya lebih halus….

  103. Saya mendapat motor dinas dari kantor tempat saya bekerja, namun saya merasa sangat kecewa dengan motor Supra x 125 helm in FGM-FI, yang tidak kuat menanjak ditambah lagi boros BBM. berapa kali service ke bengkel resmi HONDA namun tidak ada solusi yang diberikan. sungguh mengecewakan produk HONDA saat ini.

  104. sy punya supra x125DD pakai ban besar gir depan 15 belakang 38 jalan normal nanjak ok…..mungkin selain motornya pengendaranya juga mempengaruhi kecepatan….hehehehe kenapa tdk…coba tanyakan pada diri sendiri

  105. sama mas bro honda sekarang tdk seoke honda jaman dulu, saya punya supra 3 biji klo buat nanjak gak ada yg enak memble semua, klo saran saya mending ganti gear yg matanya lebih banyak klo std suprax 125 35 ganti yang mata 36 atau 38 klo terlalu besar mesin terlalu enteng klo jalan datar top speed pasti turun banyak tp ditanjakan pasti lebih enak.

  106. saya dah baca satu2 semua keluhan kebanyakn mengapa supra 125 ndak kuat nanjak…. sebenarnya pokok permasalahannya bukan krn mesin yang kurang oke atau harus ganti gir belakang yang lebih besar… tapi lebih fokus pada persoalan per kopling yang denger2 honda lebih mengutamakan kenyamanan pada saat perpindahan gigi menjadi lebih halus yang berimbas pada tenaga motor pada saat ditanjakan…. solusinya ya ganti per kopling (ada 6 buah) dengan yang lebih keras aftermarket (atau punya yamaha) atau kalau mau irit tambah ring di setiap per koplingnya… kelar deh penyakitnya meski efeknya waktu perpindahan gigi agak jadi keras…………

  107. Kalo yg saya liat supra x 125r biar bisa nanjak dan jalan datar enak cukup ganti gear belakang ukuran 36 dan ganti cdi brt heheheheh

  108. MEMANG BENAR SAUDARA SAUDARA …sebenarnya saya kecewaa terlalu kecewa mungkin beli supra x125 th 2014 ini setelah 2hari yg lalu saat melalui selo-magelang..waktu berangkat sendiri blm memboncengkan supra larii ngaciirr pokoknya selalu di depan dibandingkan dgn teman teman ku..setelah balik ada kawan yg mau ikut aku bonceng aku..klo aku tolak yoo pekewuh..yaa udah niat bismilah aja dan aku percaya supra bisa atasi semuanya..tapi apa hasilnya..supra keooogggggg keooogggggg dan keeoooggg ada tanjakan selalu gembozzzzz kekuatan gak ada dan masih syukur pas nanjak di daerah lokasi tambang pasir ada jalan curam kanan kiri selamat gak nyungsepp..naik pake gigi 1 aja kaya cacing kepanasan..dan aku pikir soal tanjKan masih mending motor suzuki keboo ku yg thn 97..oper gigi 1 pun kekuatan penuh sebelum mentog ulir gas. ..mmg siall supra dh harga mahal..ttpi gembozzz

  109. Wah jadi gitu, saya selalu alami ini saat melalui daerah Puncak Bogor menuju Cianjur- Simenor (Supra X 125 ) saya selalu kehilangan tenaga, saya harus dia cuman mampu di gigi 1 dan 2, bahkan saya harus memaksa sampai bergetar hebat body ringkihnya.

  110. ganti gear rantenya dengan ukuran lebih dari standarnya,,
    gear standar yang di gunakan oleh motor yang baru yaitu no 35 nah supaya kuat menanjak ganti dengan gear no 38 atau 40 namun kekurangannya di jalan datar kekuatannya agak berkurang

  111. maka nya harus baca situasi..motor itu di gunakan untuk apa..law mau kuat nanjak dan lurus pakai 2tak..tapi minyak nya boros..

  112. iya bnr sama…stelah sy diskusi dgn ahli mekanik honda, ternyata kekurangany ad d spesifikasi gir primer skunder n gigi susun…asumsiny bgini, kharisma ato supra pny torsi bsr yg d dpt dr stroke mesin yg panjang ini d ubah menjadi rasio berat d gigi primer/skunder lalu d perberat dgn rasio gigi susun n d akhiri dgn berat d final gir dgn tujuan tercapai irit n cepat (konsekuensiny lama top speednya)…
    pengalaman sy adlh mengubah seting gir blkg pakai 1 set tromol revo beserta gir blkg revo bermata 36, rantai pk supra x 100..untuk trek prgunungan gir dpn pk mata 13 pny legenda, klo harian cukup pk gir legenda mata 14, klo touring pk mata 15 pny supra x100…dijamin ke3 seting ini puas utk beda kondisi perjalanan…catatan asal kita mau repot gonta ganti gir dpn maka smua tenaga yg kita mau dr Kharisma/supra x 125 akan kita dpt

    sy pk kharisma dr thn 2004-skr tanpa masalah n blm.pernah skalipun bongkar mesin ato ganti spare part padahal tiap hari rmh kantor 60km, sbulan 2x plg mudik 170kmx2…aman2 aj asal kita tau cara memperlakukan mesin dgn baik n tau dmn batas mauny mesin..cukup memahami apa maunya mesin…thx ya bs share dsni..

  113. memang untuk nanjak kurang, tp untuk datar uwenak tenan. mungkin udah karakternya begitu. keterbatasan pada cc, jadi tinggal dipilih karakter yg bagaimana. motor motogp pun yg cc nya gede kalo dipakai di sirkuitnya trail jg kuwalahan dan sebaliknya. jadi tinggal menyesuaikan tipe jalan nya, modif2 dikit ga pa pa lah. punya saya supra injeksi 2006 awal, sampai sekarang cuma pernah ganti rantai, aki, filter udara, oli, busi, minyak dan kampas rem doang. tidak pernah rewel mesinnya, pagi2 langsung greng. puas. rute saya datar, jadi kalo grand atau motor2 tua lain ya dilewati dah.

  114. oiya, bohlam dan ban jg udah ganti. pokok e mesin nya yg belum pernah ganti part, kecuali busi dan oli. jarak rumah ke tempat kerja 29 km.

  115. Saya punya motor baru Honda blade 125 di ajak naik dataran tinggi tidak kuat nanjak malah berhenti hampir mlorot, salah saya bandingkan dengan Suzuki Titan yg saya miliki malah kuat di tanjakan, gimana solusinya

  116. honda supra x 125d usianya sudah 8th … stang (piston), seher, mangkok kopling, laher harus ganti,, klo engga,, suaranya berubah jadi seperti mesin jahit hehehehehe …. isi dompet terpaksa keluar Rp.1,280,000,- suara mesin sekarang lembut seperti baru… tapi, skarang timbul masalah baru. tadinya mau ane jual,, tapi pikir2 mending di sekolahin saja hehehe.

  117. kalo mau kencang untuk supra x 125..biasanya,gigi tarik depan pake ukuran 14,belakang 30 ato 31.kalo mau bertenaga gigi tarik dpn 12 dan belakang 36

    • Salam damai….. ini kayaknya blok nya orang2 yamaha ya,punyau kharisma D 125 nanjak pakai gigi satu tetap oke walau tanjakan sangat curam 45 derajat seperti di depan rumah saya,dan satu lagi kharisma ane belum ganti onderdil mesin sejak dari baru tahun 2004 ,setelan gear dan oli selalu orinya kharisma karena pabrikan jelas lebih pinter dari pada kalian smua di block ini,sering tak pakai balapan naek gunung lawan motor bebek yamaha,suzuki ,dan kawasaki dan 10 kali balapan paling seali kalah itupun paling motornya dah dioprek hehehe jadi intinya kalah menang hal biasa dijalan raya danhonda tetap nomor 1 dihati saya dan satu hal lagi harga jual motor secondnya tetap paling tinggi hidup honda…..salam damai

  118. Caranya yg paling murah adalah.
    Ganti gir set dgn yg yg rasionya 14-40 dgn spek 428. Catatan di motor saya : ban belakang ukuran 90-90. Kompresi masih sama, 9,3:1. Gak kuat nanjak, lewat. Paling kalau di tanjakan, gw cuma kalah dari yg 150cc. Kalau mx 135cc, masih menang injek gw.

  119. Cukup ganti gir depan dengan gir 12 (+- Rp.15.000) aja bagi yang rantainya masih bagus, pake gir ukuran 428 tapi ujung2 giginya di tipisin dikit pake gerinda biar masuk di rantai 420. saya udah pake 2an tahun dan oke2 aja, di tanjakan maupun jalan datar..Motor saya supra 125 keluaran 2013

  120. SPX saya 2006 sudah ganti mangkok kopling mungkin karna jarak yg cukup lumayan Bandung-Bgr-Jkt-Lampung PP 2-4x dl 1 th (brp km ya?? bisa kira2 sendiri kalee) belom harian Jkt-Cibinong, menurut saya sih sebenarnya tinggal penyesuaian/perawatan dlm pengunaan saja karna setiap mau jalan jauh (untuk saya wajib service dulu dan stel klep sesuai tujuan) ditambah dengan penggunaan BBM & Oli yg cukup baik, pernah ngobrol sama teknisi AHASS yg sudah saya kenal akrab menyarankan kalo bisa jangan diotak atik yg diluar standarnya service aja yg bener (kalo mau ngacir ya pasti boros), terakhir nanjak di puncak bogor kemarin 8/3/15 dengan usia yg cukup SPX ane masih nanjak di gigi 3 60kmph dari gunung mas sampe puncak pass kecuali kalo macet pasti 0 km dan start gigi 1 ha ha ha …., saya hanya melakukan perubahan dari awal beli cuma ganti busi iridium (hampir 10th ini baru ganti 2 kali), BBM pake Keong V-Pow, Oli Mtul 2100 & 3100 15-50w, perawatan rutin tiap 2bln karna saya bukan pembalap ya masih bisa lah lari 90-100kmph test run aja di pemda bogor, kalo nanjak masih bisa lawan mio 2010 punya temen saya dari tanjakan dari gadog sampe cimory he he he ….

  121. Mas mau nanya motor sy supra x125r 2009, kok pas mau panasin pagi hari suka keluar asap hitam trus larinya brisik dan getaranya terasa skali… Sy newbe soal motor mohon cerahannya mas…

  122. yg komen kbnykn pd lebay….. sadar diri napa,,, yg d salahin kok motorny,,, pdhl yg mengendarai aj yg ga becus,,, kenali karakter supra 125,, saya jg pake bwt naik gunung ok2 AJ,,,,

  123. Iya punyaku juga honda suprax125 helm in. Juga pernah ngalamin pas tanjakan g kuat klo boncengan . malah aq bilang ketemen ku. ( klo ni tanjakan g kuat buat boncengan, langsung ni speda aq jual sekarang) yah bener ternyata g kuat.. Ya akhirnya…:(

  124. Pengalaman saya juga pahit belu supra x 125 pgm fi cw. Tahun 2014.
    Emang sih tarikan awal ok. Krn begitu keluar STNK saya test pulang kampung jakarta tegal pp menempuh jarak 800 km.
    Habis itu servis pertama ngga ada kendala. Trus saya ganti oli sebelum 2000 km.
    Tapi pas km 10000 baru tuh rasain kendala lari kaya kurang tenaga. Padahal jakarta tuh jalanan rata. Tapai pas kita lagi lari kenceng dan ngurangin kecepatan pada waktu ngakat gas lagi kaya ngempos. Saya jadi tanda tanya nih karna ngga tahu mesin.
    Saya service dengan keluhan tsb k mekanik nya.
    Begitu kluar dari ahhas honda istri saya saja sampai nanya,ko motor jadi ngga enak.
    Aku jawab enteng aja ya ngga lah. Setelah aku pakai lagi 3 hari kluar dari bengkel ahas mesin malas jebol asap putih keluar dari kenalpot semua.
    Waduh malu bukan main motor satu tahun setengah udah jebol sehernya.
    Aku bawa ke bengkel temen dulu. Eh pas di bongkar itu saringan oli semua.
    Sampai bengkel temen nyaranin suruh bawa lagi aja ke ahhas nya.
    Aku turuti tuh kata temen tak bawa tuh motor ke awal service. Aku nanya kemarin motor di service apanya ko bisa berasap kaya orang mau buang nyamuk.
    Eh mekanik jawabnya enteng itu krn kekurangan oli.
    Aku jawab lagi. Kalau kekurangan oli itu motor baru seminggu ganti oli.
    Trus kalau mau jebol tuh dari dulu ngga setelah masuk bengkel sini.
    Sunggul jawaban yg ngga realita.
    Sampai saya klaim garansi aja ngga bisa padahal itu jelas itu di ahhas.
    Akhirnya aku ngalah aja lah. Aku bawa ke bengkel kawan lagi bongkar mesin san benar yg kena tu seger sama ring seher.
    Akhirnya dengan kecewanya aku ambil motor baru dengan merk lain. Untuk menunggu supra nya yg lagi di opname.
    Sungguh parah pelayanan ahhas ngga ada pertanggung jawabanya. Sampai mau ketemu kepala mekanik aja susah.
    Semoga buat pengalaman aja nanti nya.
    Harus lebih berhati hati dan teliti lagi. Karena saya orang nya awam di mesin.

    • kalo masalah ini kayanya oli sudah tinggal sedikit seblum dibawa ke bengkel ahas. jadi seher lecet pas,di isi oli baru kluar dari selah lecetan seher. pengalaman sy juga gini. mau gak mau harus opname dengan dikorter. dari 2000 km ke 10000 km itu jauh banget walaupun buat motor baru. oli pasti sudah banyak berkurang.

  125. Motor ku supra x 125r kemarin buat tour pacitan semua yg ada didepan mati gan dari spedo reteng starter klakson pokoknya semua kecuali lampu… itu apanya ya gan kecewa ane gan ama supra udah ngeden disalip motor2 jadul lagi… dan setiap servis pasti cuma berkaitan dengan oli ini orang kerja di ahass apa cuma taunya oli doang ya padahal

  126. kalo jalan datar enak pake honda kalo jalan naik turun enak yamaha kalo bisa punya dua duanya, saya juga gitu klo di perkotaan bawa supra 125 kalo touring2 ke daerah tanjakan bawa jupiter z …

  127. saya punya supra x 125 helm in memang kalau namjak harus gigi 2 tapi punya saya buat bonceng normal 2 orang kurang lebih 140 kg beban aman saja solusinya setelan klep sama bukaan anginya harus pas setelan klep jangan terlalu kencang harus dikendorkan biar laju dan kuat nanjak

  128. satu solusi lagi dari saya kalau servis honda jangan dibengkel resmi ahass montirnya baru belajar dan ngawur ini pengalaman saya, lebih baik kebengkel umum yang sudah dipercaya agan agan pasti joss dan ada solusinya. kalau mau supra x 125 ngebut setelan klep jangan kencang harus dikendorkan resikonya kalau pagi akan bunyi klek klek klek tapi gpp aman

  129. pusing amat tinggal pake seher blits joy, cuma abis 200 rb ga perlu ubah gear, power dapet topspeed jangan di tanya B)

  130. Tlg dibantu..saya ada supra x 125 terbaru.yg menjadi masalah adalah.akselesari ketika tarik gas di speed 2 dst berat..bahkan mesin ngeletek…mohon bantuan info.trims

  131. SupraX125 tahun 2008 saya sudah menginjak KM 115.000an Kilometer tangan pertama,..dari baru sampe KM 100.000an pake gir 14 depan 35 belakang standar lumayan untuk tanjakan bisa gigi 2-1,..setelah ganti gir 14 depan 36 belakang ukuran 428,.dan pake rante New Supra Fit ukuran 428 dan potong rantai 2 mata,…sekarang ditanjakan lumayan boncengan gigi 3-2 an itupun boncengan sama anak dan istri di tanjakan Punclut Ciumbuleuit arah ke Lembang Bandung masih ada tenaga,..orang bandung kan pasti tahu tanjakan panjang yang dimaksud, menanjak ga ada jeda ancang2,..pake oli kental 20w-50 atau seperti motor saya pake oli diesel semenjak dari Kilometer 27.000an sampe sekarang Alhamdulilah aman2 saja ga ada gejala ke mesinnya,…tapi tanggung resiko ya sama masing2 kalo ada apa2 pake oli diesel,..semoga tercerahkan :),..

  132. Ini kasus sama dengan pengalaman saya supra helm in super kebangetan alias prodak gagal suaranya kasar. Bodi berat sekali. Lampu depan tiap 3 bulan mati minta ganti ampe pd rusak tu kuncian sering dibongkar pasang tarikan sangat buruk lemah apalagi nanjak bikin malu pernah nanjak pegunungan kulon progo ampe istri tuun dan didorong anak2 sering diledekin teman motor gagal priduksi lambat dan brisik. Pengen ganti rasanya.inikah prodak Honda dengan nama besarnya

  133. motor saya s*pra x125 helmin thn 2014 ngak kuat nanjak,mesin kalau terlalu panas tenaga jadi berkurang pokoknya payah, pernah mati di jalan ,motor geal geol lari kekanan dan ke kiri, semua masalahsudah konsultasi ke service ahass..,tidak ada solusi, saya ganti oli federal ultratec20w50,ban depan ganti sama seperti ban belakang, semua ter atasi, top speed bekurang sedikit saja,tidak begitu trasa bagi saya, sedikit info bisa di coba…

  134. mau tanya bang, knpa motor saya kalo nanjak pake gigi satu motor tuh kaya goyang” ,(maju mundur gtu motornya)apa rante ketengnya yg udah haus? motor saya supra x 125d tahun 2012,mohon pencerahnnya makasih

  135. permisi gan, numpang berbagi testimoni.
    saya pengguna lama Supra X 125, dari era bocah hingga kuliah sampai saat ini, 8tahun sudah bersama si doi. overall sih puas banget make supra x 125. top speed gokil. kalau soal nanjak emang sih kalau lagi touring agak susah, tapi kalau untuk perkotaan masih rajanya deh. selap salip sana sini gampang. saran ane motor ini ga cocok buat santai (emak2, bapak2) hahaa diperuntukkan untuk anak muda yg hobi main di RPM gantung atau tinggi, kebetulan ane doyan rpm menengah keatas. coba deh dijamin puas ngabisin gas pake ni motor, dan kekuatan nya sudah teruji.
    di KM 82.000-an usia 8tahun supra x 125 saya baru KO. akhirnya turun mesin, ganti stang seher, piston bearings dan kawan2, total 1jt saya keluarkan. lalu saya percayakan pada bengkel kenalan saya, dan akhirnya sekarang si doi balik lagi seperti sedia kala, kesimpulan ane kalau motor baru pas masa inreyen nya pas, pasti kelanjutan nya bagus dan gak bakalan terasa loyo. ane udah membuktikan dan menurut ane kebanyak pemilik supra x 125 salah dalam perlakukan motor sehingga membuat performa motor menurun.

  136. Salam kenal bro. Motor 125r tahun 2012 udah 3 tahun lebih. saat manasin motornya matian dan ada bunyi “tek tek tek” awal jalan brebet, tapi kalau sudah jalan gak ada bunyi lagi. Padahal udah 3 minggu saya servis ke bengkel dan makai oli bm1. Tolong beri saran/cara mengatasinya.
    terimakasih

  137. Supra X 125 nafasnya sangat panjang. tinggal turunin gear depan 1 mata ke ukuran 13t, atau perbesar gear depan 2 mata. untuk libas tanjakkan terjal beres.

    motor-motor daerah gunung juga rata2 sudah diperingan final gearnya biar kuat angkut beban ditanjakkan.

    memang sih klo kondisi mesin std sehat hsx125 kalah ditanjakkan dibanding supra 100cc non fit, beda lagi dengan Supra fit, sama-sama 100cc dengan supra 100, tpi daleman mesinnya banyak bedanya, Supra fit kurang kuat nanjak dibanding Supra 100.

  138. Assalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh
    saya menggunakan 2 motor HSX 125 yg pertama tahun 2008 dan ke dua produksi 2012, all dapat second, kondisi motor I (tahun 2008) belinya 2015, parah, perlahan, disiasati dg pergantian part, seker overzise 100 AHM (Ori), Karbu pake Megapro, Ban FDR Genzy dpn blkg, knalpot sedikit di bobok, Alhamdulillah top speed tembus 105 km/jam, saat perjalan madiun sby dan sby madiun (PP. skitar 500km), 1 bulan bisa 4-5 kali PP. tanjakan di kresek/dungus madiun lancar jaya..
    Oli gunakan deltalube (ijo), stelah ktmu bengkel di maidun disaranin gear ganti 14-38, inilah salah satu faktor krusial,alhamdulillah topspeed tembus 126 km/jam, luar kota hanya kalah tarikan dg vario 150, akhirnya jejer/sejajar/gandeng, sedang sama jupi Z dan MX mah alhamdulillah lewat di blkg berkali2, konsumsi bbm 1 = 43 km
    motor ke 2,HSX 125 (2012) ini awalnya beli barusan 2017 kec. max 90 km/jam (PARAAAHHH) barusan ane ganti gear 14-38 dan rantai 428H potong 6-8 mata smntara blum coba topspednya krna masih hujan hehehe
    demikian smoga HSX 125 lovers dan supraholic125, bisa menjadi pencerahan
    Wasalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh

  139. sama gan dg and tadi pagi and service pertama di deler resmi honda di jl ayani sby performa mesin makin turun sy coba trsk lurus yg prrfoma awal lumayan ngacir… eee malah g bisa lari gass poll 80 setelah digiring mentok 100km/jam suara mesin dah berteriak… lsg sy balik ke service yg tadi jwb mekaniknya lain setelan pabrik dan bengkel kl pabrik asal pasang makanya enteng tp kl setelan mekanik ada standarnya makanya g seperti sebelum di service 😂😂😂😂 akhirnya sy kembali dan rasanya ada yg aneh motor baru kok begini yaaa ada yg punya saran service dimana yg bisa bikin motor sy ngacir lg minimal seperti sebelum di service ini Kmbaru 1703 belum 2000 lhoo

  140. Saya juga mau share ni gan, motor sy supra x 125 th 2008, 2 tahun lalu pernah di bawa pulang kampung dari Bekasi ke Tasikmalaya. Mengalami kesulitan di tanjakan Nagrek , Malangbong sampai rumah yang tanjakan curam lah pokoknya, padahal sebelum berangkat sy service di AHASS . Boleh minta saran, kalau beli motor MX bisa lebih bahagia kah kita ?? Terimakasih

  141. Emang ya bener gan saya aja pake HONDA SUPRA X125 R buat nanjak gak kuat waktu itu saya pake gigi belakang ukuran 36 setelah saya bawa ke bengkel dan orang bengkel menyarankan katanya suruh ganti yang belakang ukuran 40 dan yang depan ukuran 13 emang bener si kuat buat nanjak bawa beban 100 kg lebih cuman kalo di jalan yang datar kecepatanya kurang max 70-80/j

  142. Saya punya supra x 125 f i, baru cuma kuat sanpai 60 km/jm, sblm srvis nmbh 70-80 km/jm enteng,stlh srvis tarikn berat stiping dpn ngeter,knp bisa bgtu??buat ngjr beat aja kceceran,,😓😓😝😝

  143. pengalaman sama seperti saya hahaha ,………..bosen nengeluh tehnisi ,kalau sy dapet solusi gak sengaja kebetulan gear dan rante udah parah cari di bengkel adanya yg dari merk indopart yg giginya lebih gede,eh,.. ternyata baru ketemu jodoh gk usah di oprek josssssssssss,….. tadinya supra x 125 baru maksimal di tanjakan 70 setelah di ganti gear belakan yg lebih gede skarang kuat 90 kl habis ganti oli/servis bisa hampir 100 mantabbb,…

Leave a reply to mr big joe Cancel reply